Umroh Plus Aqsho 2019 – Ibadah umroh merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan dengan berziarah ke Baitullah. Yaitu dengan melakukan serangkaian kegiatan ibadah seperti melakukan niat ihram, melakukan thawaf (berjalan memutari Kabah sebanyak 7 kali), berlari-lari kecil antara bukit Shofa dan Marwah sebanyak 7 kali (atau yang disebut dengan Sai), dan diakhiri dengan tahallul (memotong sebagian atau seluruh rambut, baik bagi laki-laki maupun perempuan).

“Di Umroh Plus Aqsa 2019 ini, Anda akan melihat langsung Masjidil Aqsa di Palestina.”

Umroh wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup dan boleh dilakukan berulang kali bila ada kemampuan waktu dan finansial.

Karena boleh dilakukan berulang kali, ibadah umroh kini menjadi bagian dari wisata muslim. Karena selain melakukan ibadah, juga para jamaah umroh tersebut dapat menikmati suasana yang berbeda baik di kota Mekkah dan Madinah.

Meski sama-sama sebagai negara muslim, namun karena Arab Saudi sangat dekat dengan kehidupan Nabi Muhammad SAW maka adat istiadat dan kebiasaannya berbeda dengan di tanah air. Misalnya, dilarang memakai pakaian yang terbuka, tipis menerawang, atau terlihat rambutnya bagi perempuan. Bahkan tempat antara laki-laki dan perempuan cenderung dibedakan agar tidak terjadi ikhtilat (bercampur baurnya antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya).

Umroh Plus Aqsho 2019

Umroh Plus Aqsho 2019

Umroh Plus Aqsa 2019: Pilihan Umroh Plus di Akhir Tahun 2019

Selain mengambil paket umroh, tak jarang jamaah umroh juga menambahnya dengan paket plus wisata muslim ke negara-negara tetangga Arab Saudi yang tentu saja suasana religius dari pelaksanaan ajaran Islam sangat kentara. Salah satunya adalah Paket Umroh Plus Al Aqsa 2019.

Mengapa Umroh Plus Aqsa?

Mengapa Al Aqsha menjadi salah satu pilihan para jamaah umroh untuk menjadi negara tujuan wisata muslim?

Rasulullah SAW dalam salah satu hadistnya pernah bersabda:

“Janganlah bersusah payah melakukan perjalanan jauh kecuali menuju 3 masjid. Masjidku ini (Masjid Nabawi), Masjid Al Haram (di Mekkah) dan Masjid Al Aqsha (di Palestina)”.

Sehingga dengan memilih Paket Umroh Plus Aqsha kita telah melakukan ibadah umroh sekaligus berziarah ke tempat-tempat yang disebutkan dalam hadist tersebut. Tidak hanya berkunjung namun kita juga dapat beribadah di dalam masjid-masjid utama tersebut agar dapat mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan ampunan dari Allah SWT.

Ampunan Dosa

Allah SWT juga akan mengampuni dosa-dosa orang yang mau bersholat di dalam Masjidil Aqsha sebagaimana yang disebutkan dalam salah satu hadist Rasulullah berikut ini:

أَنَّ سُلَيْمَانَ بْنَ دَاوُدَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا بَنَى بَيْتَ الْمَقْدِسِ سَأَلَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ خِلاَلاً ثَلاَثَةً سَأَلَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ حُكْمًا يُصَادِفُ حُكْمَهُ فَأُوْتِيَهُ وَسَأَلَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ مُلْكًا لاَ يَنْبَغِيْ لأَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ فَأُوْتِيَهُ وَسَأَلَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ حِيْنَ فَرَغَ مِنْ بِنَاءِ الْمَسْجِدِ أَنْ لاَ يَأْتِيَهُ أَحَدٌ لاَ يَنْهَزُهُ إِلاَّ الصَّلاَةُ فِيْهِ أَنْ يُخْرِجَهُ مِنْ خَطِيْئَتِهِ كِيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

“Sesungguhnya Sulaiman bin Dawud -Shollallahu ‘alaihi wasallam-, tatkala ingin membangun (memugar) Masjid Baitul Masjid, maka ia meminta kepada Allah -Azza wa Jalla- tentang tiga hal: Dia meminta kepada Allah -Azza wa Jalla- hukum (keputusan) yang mencocoki hukum-Nya, lalu ia pun diberi; dia meminta kepada Allah -Azza wa Jalla- suatu kekuasaan yang tak pantas bagi seorangpun setelah Sulaiman, lalu ia pun diberi; Dia meminta kepada Allah -Azza wa Jalla- setelah usai memugar Masjidil Aqsho agar tak ada seorang pun yang datang, sedang tak ada yang mendorongnya (untuk datang), selain sholat di dalamnya agar orang itu dikeluarkan dari kesalahan (dosa)nya, seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya“. [HR. An-Nasa’iy dalam Sunan-nya (693), dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya (1408). Hadits ini di-shohih-kan oleh Syaikh Al-Albaniy Al-Atsariy dalam Ats-Tsamr Al-Mustathob (1/545)]

Pahala Yang Berlipat Ganda

Selain mendapatkan ampunan dari Allah SWT yang merupakan keutamaan besar yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya, maka bersholat di dalam Masjidil Aqsha akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Jika seseorang melakukan sholat di Masjid Nabawi mendapatkan pahala sebagaimana melakukan 1000 sholat bahkan lebih baik, maka ketika jamaah bersholat di Masjid Al Aqsha akan mendapatkan 250 pahala.

Abu Dzar -radhiyallahu ‘anhu- berkata,

تَذَاكَرْنَا وَ نَحْنُ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ: أَيُّهُمَا أَفْضَلُ, مَسْجِدُ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أو مَسْجِدُ بَيْتِ الْمَقْدِسِ ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : صلاة في مَسْجِدِيْ هذا أَفْضَلُ مِنْ أَرْبَعِ صَلَوَاتٍ فِيْهِ وَ لَنِعْمَ الْمُصَلَّى وَ لَيُوُشِكَنَّ أَنْ لاَ يَكُوْنَ لِلَّرَجُلِ مِثْلُ شَطَنِ فَرَسِهِ مِنَ اْلأَرْضِ حَيْثُ يُرَى مِنْهُ بَيْتُ الْمَقْدِسِ خَيْرٌ لَهُ مِنَ الدُّنْيَا جَمِيْعًا أَوْ قَالَ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَ مَا فِيْهَا .

“Kami pernah berbincang-bincang, sedang kami di sisi Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam-, “Manakah yang lebih afdhol (utama), apakah Masjid Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- ataukah Masjid Baitul Maqdis?” Maka Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Sholat di masjidku ini lebih afdhol dibandingkan empat kali sholat di dalamnya (di dalam Masjidil Aqsho). Dia adalah sebaik-baik tempat sholat. Hampir-hampir seorang tidak memiliki tanah senilai tali kuda, dimana akan diperlihatkan Baitul Maqdis baginya dari tempat itu. Itu (tanah sekecil itu) adalah lebih baik baginya dibandingkan dunia seluruhnya”. –atau beliau bersabda-, “lebih baik dibandingkan dunia, dan sesuatu yang ada di dalamnya“. [HR. Ibrohim bin Thohman Al-Khurosaniy dalam Masyikhoh-nya (hal.119)

Tempat Suci dan Bersejarah di Umroh Plus Aqsa 2019

Beberapa tempat yang dapat dikunjungi dalam Paket Umroh Al Aqsha antara lain:

Umroh Plus Aqsho 2019

Umroh Plus Aqsho 2019

Masjidil Aqsa, Palestina.

Masjid Al Aqsha adalah tempat paling suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta merupakan kiblat awal umat muslim sebelum Kabah.

Rasulullah memindahkan kiblat umat muslim ini sesuai dengan wahyu Allah dari Al Alqsha ke Kabah di Mekkah pada bulan ke 17 setelah Rasulullah memutuskan berhijrah dari Mekkah ke Madinah. Masjid ini juga dikenal dengan nama Baitul Maqdis berada dan berada di atas kompleks suci tiga agama terbesar di dunia yaitu Islam, Nasrani, dan Yahudi.

Selain dikenal sebagai kiblat awal umat Islam, Masjid Al Aqsha juga merupakan tempat terjadinya peristiwa Israj Miraj, ketika Rasulullah hendak melanjutkan perjalanan berikut menuju Sidratul Muntaha atau langit ketujuh untuk menerima perintah sholat lima waktu. Sebuah perjalanan yang nampak mustahil bagi manusia saat itu namun karena kekuasaaan dan kebesaran Allah SWT sealanya mungkin terjadi.

Kisah Israj Miraj pun dapat ditemukan dalam kitab suci Al Quran hingga selalu diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Umroh Plus Aqsho 2019

Umroh Plus Aqsho 2019

Masjid Kubah Batu / As Sakhra (The Dome of Rock)

Selain Masjid Al Aqsha terdapat masjid lain di kompleks masjid Al Aqsha yaitu Masjid Qibla, Masjid Al Sakhra atau Dome of the Rock, Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan lainnya.

Kubah Masjidil Aqsa

Sebelumnya banyak yang mengira bahwa masjid dengan kubah emas itu adalah masjid Al Aqsha, padahal masjid tersebut adalah Masjid Dome of Rock. Dikenal pula dengan nama Masjid Kubah Al Sakhrah yang dibangun atas perintah Al Walid bin Abdul Malik. Bangunan tersebut berada di halaman Masjid Al Aqsha dan keunikan lainnya adalah bangunannya berbentuk segi delapan atau oksagon.

Masjid Al Aqsha sendiri terlihat memiliki kubah berwarna hitam seperti batu dan cukup luas yang dapat menampung hampir 5000 jamaah.

Makam Nabi di Kompleks Masjid Al Aqsha

Setelah beribadah di dalam masjid-masjid yang berada di kompleks masjid Al Aqsha, para jamaah dapat berziarah ke komplek makam para nabi. Di tempat ini selain makam para nabi, juga dimakamkan sahabat nabi, diantaranya adalah Salman Farisi.

Tempat Pembantaian

Selain mengenang para nabi dan sahabat nabi, di tempat ini juga dapat dilihat bekas tempat pembantaian dan penyaliban umat Islam yang dilakukan oleh tentara salib. Hingga saat ini kita masih dapat menyaksikan pondasi tempat salib besar didirikan, sedangkan salibnya telah dihancurkan oleh Salahuddin Al Ayubi (saat menaklukan Yerusalem).

Persiapan Umroh Plus Aqsa 2019

Bagi para jamaah umroh yang ingin menunaikan ibadah umroh sekaligus berkunjung ke wilayah Palestina, hendaknya memperhatikan kondisi cuaca dan musim yang sedang berlangsung. Hal ini untuk mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa agar dapat melakukan ibadah umroh dan perjalanan ziarah dengan nyaman.

Pada bulan Desember, wilayah Arab Saudi dan Palestina sedang berada pada musim dingin dengan cuaca yang cukup dingin bagi jamaah dari Indonesia. Bahkan pernah dikabarkan turun hujan salju di beberapa wilayah di Palestina. Sehingga para jamaah perlu membawa pakaian hangat yang cukup tebal seperti jaket, sweater, kaos kaki dan lain-lain. Juga payung bila perlu.

Demikian informasi mengenai paket Umroh Plus Al Aqsha yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2019. Segeralah melakukan booking seat sebelum kehabisan karena Denatour memfokuskan perjalanan umroh plus Aqsa terutama di akhir tahun 2019 ini.

Rencanakan liburan akhir tahun terindah Anda bersama keluarga di tiga kota suci Islam. Book seat dari sekarang karena seat akhir tahun cepat penuh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *